Sabtu, 29 Oktober 2011

ANALISA PEMBUATAN WEB TOKO BUKU


Kami mencoba membuat analisa pembuatan Web pada sebuah Toko Buku sebagai media promosi online.

Dalam Kebutuhan Konten Web, Kami memakai Teknik Tradisional yaitu Survei dan Wawancara:
1.      Kebutuhan Buku yang disukai Bagi Mahasiswa.
Kami wawancarai kebutuhan buku yang disukai oleh mahasiswa yang jurusan Sistem informasi. Buku yang mereka butuhkan adalah buku-buku yang berkaitan dengan system informasi, buku perancangan web dan lainnya.
2.      Kebutuhan Buku yang disukai Bagi Pegawai pemerintahan.
Kami wawancarai kebutuhan buku yang disukai oleh pegawai pemerintahan yang bekerja di dinas pajak. Buku yang mereka butuhkan adalah buku-buku tentang perpajakan, dan buku yang baru keluaran pemerintah saat ini.
3.      Kebutuhan Buku yang disukai Bagi Pegawai Bank.
Kami wawancarai kebutuhan buku yang disukai oleh pegawai Bank yang bekerja di Bank Jateng. Buku yang mereka butuhkan adalah buku akutansi, buku tentang saham, dan majalah tentang perkembangan bank-bank di Indonesia dan internasional.
4.      Kebutuhan Buku yang disukai bagi Pegawai Swasta.
Kami wawancarai kebutuhan buku yang disukai oleh pegawai swasta yang bekerja di pabrik mebel. Buku yang mereka butuhkan adalah buku interior mebel, dan majalah tentang perkembangan mebel didunia saat ini.
5.      Kebutuhan Buku yang disukai bagi Anak Sekolah.
Kami wawancarai Ayah dari anak sekolah SD, kebutuhan buku yang disukai oleh Anak Sekolah SD adalah buku pelajaran matematika, biologi, dan buku-buku mata pelajaran SD lainnya, dan lebih lebih bukunya yang ada gambar-gambar kartun sebagai peraga materi pelajaran. Biasanya gambar ditaruh pada disampul dan didalamnya untuk mempermudah pemahaman anak sekolah SD tersebut.
6.      Kebutuhan Buku yang disukai Bagi Orang Tua.
Kami wawancarai kebutuhan buku yang disukai oleh kalangan orang tua. Buku yang mereka butuhkan adalah buku-buku tentang keagamaan.

Setelah teknik wawancara yang kami lakukan diatas, maka kami tahu kebutuhan kebutuhan buku yang mereka butuhkan.

Selanjutnya kami akan menganalisa design pada web pada toko buku. Menurut kami sebuah web supaya di gemari oleh pengunjung web adalah sebagai berikut :
Yang pertama adalah Mudah dipahami. Mudah dipahami  di sini berarti, bagaimana sebuah situs membuat penggunanya mudah untuk “belajar” bagaimana menggunakan serta mengikuti alur proses dari situs tersebut.
Yang kedua adalah keindahan warna pada web jangan terlalu terang & mencolok agar mata kita yang melihat tidak capek melihatnya. Kami akan gunakan warna soft yang kombinasi warnanya serasi dan warna yang sejuk dimata yaitu wana yang akan kami gunakan kombinasi warna Biru muda, hijau tua, hijau muda dan kuning muda (krem) dan warna lain yang menunjang, supaya enak dipandang mata.
Yang ketiga adalah informasi yang akan ditampilkan pada halaman depan adalah informasi mengenai promo buku diskon dan buku-buku yang baru disertai dengan gambar sampul buku dan harga buku yang relative murah dan terjangkau untuk semua kalangan. Dengan begitu pengnjung tidak kelamaan mencari informasi buku-buku baru dan buku-buku yang dapat harga diskon.
Yang keempat yaitu pada Menu. Menu navigasi, pilihan diksi, serta gambar icon pada situs yang akan kami sajikan boleh dibilang common sense, artinya disajikan seperti yang kebanyakan masyarakat telah mengenalnya dengan jelas. Tidak ada icon yang aneh, maupun pilihan diksi yang asing. Lebih lanjut, misalnya jika sesorang pertama kali mengunjungi situs dan berniat mencari sebuah buku, pengunjung tidak perlu repot-repot mencari dimana fitur pencarian. Fitur pencarian sudah disediakan pada bagian sejajar dengan menu navigasi serta bentuk kolom pencarian yang sudah umum. Dengan demikian pengunjung akan lebih mudah menggunakan fitur yang ada. Dan untuk kategori jenis buku kami sediakan disebelah kiri seperti kategori buku Agama, buku anak-anak, buku bisnis, buku pelajaran dari TK sampai buku Universitas, buku kesehatan, buku computer, buku elektronik dan buku lain sebagainya yang bertujuan untuk mempermudah pencarian jenis buku yang diinginkan.
Yang kelima adalah pembelian dan transaksi, jika pengunjung ingin melakukan pembelian buku. Sebuah tombol dengan tulisan “Buy” terpampang di bawah sampul buku dengan warna yang mencolok, membuat pengguna dengan mudah menemukannya, tanpa perlu repot-repot mencarinya telebih dahulu. Proses transaksi pun disajikan secara biasa, tidak ada proses yang macam-macam. seperti proses transaksi dilakukan sama seperti kebanyakan situs e-commerce lainnya.

Dan selanjutnya kami akan mencoba menuliskan sebuah ulasan mengenai ke-Efektifan dan ke-Efisienan dari sebuah situs.
Menurut artinya, efektif mengacu pada suatu pencapaian tujuan secara tepat atau memilih tujuan-tujuan yang tepat dari serangkaian alternatif atau pilihan cara dan menentukan pilihan dari beberapa pilihan lainnya. Efektifitas bisa juga diartikan sebagai pengukuran keberhasilan dalam pencapaian tujuan-tujuan yang telah ditentukan.
Sedangkan efisien yaitu penggunaan sumber daya secara minimum guna pencapaian hasil yang optimum. Efisiensi menganggap bahwa tujuan-tujuan yang benar telah ditentukan dan berusaha untuk mencari cara-cara yang paling baik untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.
Dalam web usability, efektifitas diukur bedasarkan cara tercepat di mana pengunjung bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan. Sedangkan efisien, bagaimana pengunjung bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan waktu singkat serta alur proses yang pendek.
Nah, untuk memudahkan mengukur efektifitas dan efisiensi dari situs ini, kami akan mencoba membuat skenario sederhana. Misalkan saja kita ingin mencari sebuah buku. Tentu yang pertama kali kita cari adalah kotak pencarian. Pada situs ini, kotak pencarian diletakkan di atas sejajar dengan navigasi utama, sehingga mudah untuk ditemukan. Dari sini jelas bahwa situs ini mencoba memperpendek waktu pencarian sebuah buku dengan meletakkan kotak pencarian di tempat yang mudah ditemukan, tanpa perlu harus menuju ke halaman lain.
Pada kotak pencarian, pengunjung juga bisa mencari buku berdasarkan kata kunci tertentu. Misalkan berdasarkan penerbit, penulis, atau judul. Hal ini membuat hasil pencarian lebih akurat dibandingkan dengan pencarian secara umum. Sealin mengurangi waktu pencarian,  fitur ini juga membuat pengunjung dengan mudah mencari buku yang mereka inginkan.

Untuk menunjang promosi penjualan diluar web, kami memberi saran untuk beriklan yaitu antara lain :
  1. Iklan diluar toko.
Memasang banner ukuran sedang yang dipasang pada depan toko dan Memasang banner ukuran kecil pada pohon-pohon pinggir jalan, tujuannya supaya pengguna jalan yang melintas mengetahui toko buku dan promosi buku diskon yang di sediakan.
  1. Iklan didalam toko.
Memasang banner ukuran kecil pada dinding dalam toko, tujuannya supaya para pengunjung mengetahui promosi buku diskon yang di sediakan.
  1. Iklan didalam buku.
Memberikan brosur yang diselipkan pada setiap buku yang dijual, tujuannya untuk lebih memberitahukan penjelasan yang detail mengenai Promosi toko diskon buku tersebut.

Demikan analisa promosi toko buku berbasis web yang kami tuliskan, semoga bermanfaat.
Terima kasih.

1 komentar:

  1. Top 5 Casino in the Netherlands ᐉ Casinos In the Netherlands [2021]
    Here's our list 토토 배당률 보기 of casinos with the 1xbet korean best bonuses on 안전 사설 토토 사이트 offer 2021! Check out our top picks and find out 승부 예측 사이트 more on the 슬롯 가입 쿠폰 list below!

    BalasHapus